Minggu, 10 Oktober 2010

PENGERTIAN PT DAN CONTOH PT(PERSEROAN TERBATAS)

PT atau dalam bahasa latinnya Naamloze Venootschap/NV merupakan kumpulan orang-orang yang di beri hak dan di akui oleh hukum untuk mencapai tujuan tertentu.Modal perusahaan ini terdiri dari saham-saham yang dapat di perjual belikan sewaktu waktu dan dapat terjadi perubahan kepemilikan perusahaan dengan tidak melalui pembubaran perusahaan.Pt ini merupakan badan hukum dan besarnya modal perseroan tercantum dalamanggaran dasar.Apabila perusahaan mendapatkan untung,maka keuntungannya di bagikan sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan.Pemilik saham yang memperoleh keuntungan yang di sebut Deviden.Selain dari saham modal PT jga berasal dari obligasi.PTdi bedakan sebagai berikut:

1)PT TERBUKA/UMUM
    perusahaan yang menjual sahamnya melalui pasar modal (go public).Setiap orang berhak membeli saham perusahaan tersebut.

2)PT TERTUTUP
    perusahaan yang modalnya berasal dari kalangan tertentu,misalnya pemegang sahamnya berasal dari kerabat dan keluarga.

3)PT KOSONG
    perusahaan yang sudah tidak aktif dan hanya tinggal namanya saja.





Untuk mendirikan sebuah PT harus menggunakan akta resmi(akta yang di buat di hadapan notaris)yang di dalamya di cantumkan antara lain nama PT,bidang usaha,alamat perusahaan,dan lain-lain.Dan akta ini harus di sahkan oleh menteri kehakiman,stelah di sahkan perseroan terbatas harus di dafatarkan di pengadilan negeri setempat,dan selanjutnya di umumkan dalam Berita Republik Indonesia(BRI).struktur suatu pt terdiri dari pemegang saham,direksi,dan komisaris.Rapat umum pemegang saham merupakan kekuasaan tertinggi dalam perseroan terbatas.Contoh PT yaitu:

                                       PT METRODATA ELECTRONICS TBK


     P.T. Metrodata Electronics, Tbk ("Perseroan") didirikan pada tanggal 17 Februari 1983 sebagai salah satu Perseroan dalam kelompok usaha METRODATA yang telah ada di bidang TIK sejak tahun 1975. Sejak didirikan, Perseroan pernah mengalami perubahan nama beberapa kali dan terakhir pada tanggal 28 Maret 1991 namanya diubah menjadi P.T. Metrodata Electronics, Tbk sampai sekarang.
    Pada tanggal 14 Februari 1990, Perseroan telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (IDX – Bursa hasil penggabungan antara Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya) dengan kode MTDL sebagai salah satu usaha demi mendapatkan modal kerja dan modal investasi dan juga dalam usaha untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat ikut ambil bagian dalam perkembangan Perseroan.
    Saat ini Perusahaan ini merupakan salah satu Perseroan teknologi informasi dan komunikasi ternama di Indonesia dan bermitra dengan perusahaan teknologi informasi kelas dunia, di antaranya adalah Adobe, Alcatel-Lucent, APC, ASUS, Autodesk, BigFix, Blue Coat, BMC Software, CheckPoint, Cisco Systems, Citrix Systems, DELL, ELO, EMC, Emerson Network Power, EPSON, Hitachi Data Systems, Hewlett-Packard, IBM, Infor Global Solutions, Ironport, JDA Software, K2, Lenovo, Microsoft, mySPSSolution, Netscout, NetApp, Nucleus Software, Oracle, Pearson VUE, Prometric, RSA Security, SAP, Strategic Partner Solution, Sun Microsystems, Symantec, Software AG-webMethods, S1 Postilion, Trend Micro, VMware, dan WebMethods.
     Pengalamannya lebih dari 35 tahun di bidang teknologi informasi dan komunikasi atau (TIK).
     Di tahun 2008, Perseroan mengakuisisi Soltius Asia Pte Ltd, yang merupakan perusahaan konsultan SAP yang sudah mapan. Soltius Asia Pte Ltd adalah pemilik PT Soltius Indonesia, Soltius Australia Pty Ltd., dan Soltius Thailand Ltd yang kini telah menjadi salah satu perusahaan anak dalam kelompok METRODATA. Akuisisi ini sangatlah penting karena membuka pintu bagi Perseroan untuk bersaing dengan mitra-mitra SAP lainnya di segmen enterprise.
     Di tahun 2010, dalam kontes pemilihan "The Most Powerful Companies" Per Sektor Industri di Majalah Warta Ekonomi, Perseroan berhasil menempati urutan Pertama untuk kategori sektor Trade, Service & Investment dalam sub sektor Computer and Services. Tahun 2009, Perseroan mendapat Ranking 1 Sektor Elektronika serta peringkat 11 dari Seluruh Emiten Tahun 2009 versi Majalah Investor. Sedangkan di tahun 2008, Perseroan menerima penghargaannya yaitu sebagai The Best Listed Company 2008 - Emiten Dengan Kinerja Terbaik Sektor Elektronika yang diberikan oleh Majalah Investor dan Globe Media Group.
    Perseroan ini di bagi menjadi tiga unit bisnis utama yakni Bisnis Distribusi yang menangani bidang usaha distribusi; Bisnis Solusi yang menyediakan solusi lengkap mulai dari design, implementasi, support, managed services dan pelatihan; serta Bisnis Konsultasi yang menawarkan keahlian dalam bidang solusi bisnis transformasional dan jasa konsultasi.





Presiden Komisaris
Ir. Hiskak Secakusuma SE, MM

Wakil Presiden Komisaris
Ir. Candra Ciputra, MBA

Komisaris Independen
Dr. Cahyono Halim, MBA

Presiden Direktur
Susanto Djaja, SE, MM, MH

Direktur
Ir. Agus Honggo Widodo

Direktur
Ir. Sjafril Effendi
Alamat perusahaan ini yaitu: PT. Metrodata Electronics, Tbk. Wisma Metropolitan I, 16th Floor Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31 Jakarta 12920

PT,di ambil dari http://www.metrodata.co.id/integra/showintegra.asp?cat=12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar